Dinding samping ban memuat berbagai informasi penting. Angka dan huruf mengidentifikasi dimensi dan standar kinerja yang memungkinkan Anda membandingkan ban dengan lebih akurat dan efisien. Diagram ini akan membantu Anda memahami angka dan huruf tersebut. Untuk bantuan dalam memilih ban pengganti, selalu konsultasikan dengan dealer Ban Toyo Anda.
Nomor indeks beban dan simbol kecepatan sesuai dengan kapasitas beban maksimum ban dan kemampuan kecepatan maksimumnya.
Indeks beban adalah nomor yang ditetapkan yang sesuai dengan kapasitas angkut beban ban. Misalnya, “96” menunjukkan daya dukung beban 1565 lb. pada tekanan inflasi maksimum. Indeks beban untuk sebagian besar ban mobil penumpang berkisar antara 75-100. Klik di sini untuk melihat indeks inflasi beban lengkap.
Peringkat kecepatan ditentukan oleh metode pengujian laboratorium dalam ruangan, yang mengukur daya tahan ban kecepatan tinggi di bawah kondisi pengujian yang terkontrol. Prosedur pengujian ini tidak memperhitungkan inflasi yang rendah, kerusakan ban, karakteristik kendaraan, atau kondisi jalan yang dapat menyebabkan kegagalan ban secara tiba-tiba atau kehilangan kendali kendaraan pada kecepatan yang jauh lebih rendah daripada yang ditunjukkan oleh peringkat kecepatan ban.
Saat mengganti ban pada kendaraan Anda, Anda harus menggunakan ban pengganti dengan peringkat kecepatan yang sama dengan atau lebih besar dari ban peralatan asli jika kemampuan kecepatan dan karakteristik penanganan kendaraan ingin dipertahankan. Ingatlah untuk tidak pernah mengoperasikan kendaraan Anda dengan cara yang tidak aman atau melanggar hukum. Dealer Ban Toyo Anda dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang peringkat kecepatan.
Diameter menunjukkan ukuran roda dari satu sisi ke sisi lainnya. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang mengubah diameter roda mobil Anda di bagian Ukuran Plus.
“R” adalah singkatan dari “radial,” yang menunjukkan ban memiliki konstruksi radial.
Rasio aspek adalah hubungan dimensi tinggi bagian dengan lebar bagian. Semakin rendah rasio aspek, semakin pendek dinding samping dan semakin lebar lebar bahu ke bahu.
Lebar ban disebut sebagai lebar bagiannya. Ini adalah lebar ban yang dipompa dalam milimeter pada titik terlebar dari dinding samping ke dinding samping.
Tinggi bagian ban juga diukur dalam milimeter. Tinggi penampang kira-kira jarak dari pelek ke permukaan tapak ban ketika tidak membawa beban apapun.
Ban dengan “P” adalah untuk penggunaan mobil penumpang. Beberapa ban mobil penumpang mungkin tidak memiliki “P” dan dianggap sebagai ban metrik keras. Beberapa truk ringan dan SUV dilengkapi dengan peralatan asli ban P-metric atau hard-metric.
Ban dengan “LT” hanya untuk penggunaan truk ringan atau SUV. Penunjukan “LT” adalah singkatan dari “Truk Ringan.” Ban ini ditujukan untuk penggunaan yang lebih parah yang sering terlihat pada truk dan mengikuti standar beban dan inflasi yang ditetapkan oleh Tire and Rim Association (TRA). Nilai Indeks Beban dan kapasitas beban untuk ban ini dapat ditemukan di manual TRA.
Sebutan Lainnya
Lumpur dan Salju
“M+S” menunjukkan ban dirancang untuk aplikasi lumpur dan salju. Penunjukan Lumpur dan Salju juga dapat muncul sebagai “M&S” atau “M/S.”
Kepingan Salju Gunung
Gunung/kepingan salju menunjukkan ban yang dirancang untuk kondisi salju yang parah.
Sistem Penilaian Kualitas Ban Seragam, atau UTQG, adalah sistem yang dikembangkan oleh pemerintah yang dirancang untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang tapak ban, traksi, dan ketahanan suhu pengoperasian. Angka, diikuti oleh dua hingga tiga huruf, mengidentifikasi kelas di dinding samping.
Tingkat keausan ban adalah peringkat numerik komparatif berdasarkan tingkat keausan ban saat diuji dalam kondisi yang terkendali di jalur uji pemerintah yang ditentukan. Misalnya, ban dengan grade 200 akan aus dua kali lebih baik di lintasan dibandingkan dengan ban dengan grade 100. Nilainya meningkat dengan penambahan 20 poin. Penting untuk dicatat bahwa kinerja ban yang sebenarnya tergantung pada kondisi penggunaan yang sebenarnya. Kondisi aktual dapat berbeda secara signifikan dari kondisi pengujian karena variasi dalam kebiasaan mengemudi, praktik servis, dan perbedaan karakteristik jalan dan iklim.
Peringkat traksi menunjukkan kemampuan ban untuk menghentikan kendaraan yang bergerak lurus ke depan di trotoar basah. Peringkatnya adalah AA, A, B, dan C, dengan AA sebagai yang terbaik.
Peringkat Suhu UTQG menunjukkan kemampuan ban untuk menghilangkan panas secara efektif. Peringkat berkisar dari A hingga C, dengan A menjadi yang terbaik.
Nomor identifikasi ban DOT menunjukkan kepatuhan terhadap semua standar keselamatan yang ditetapkan oleh Departemen Perhubungan AS dan memberikan informasi tambahan tentang produsen ban.
Terletak di dinding samping ban, nomor identifikasi ban DOT lengkap adalah kombinasi hingga 12 angka dan huruf yang memberikan informasi berharga.
Ban yang dibuat pada tahun 1990-an akan memiliki tiga angka dan mungkin memiliki segitiga untuk mencatat dekade. Tiga digit terakhir, 517, ditambah segitiga pada contoh di atas berarti ban ini diproduksi pada minggu ke-51 tahun 1997. Jika tidak ada segitiga dekade, ban ini akan dibuat selama minggu ke-51 tahun 1987.
© Copyright 2021 - 2022 Toyo Tires Indonesia